Tips Riset kata kunci
Minggu, 13 November 2011
0
komentar
Jika di dunia nyata, slogan untuk para pebisnis adalah place, place and place. Maksudnya apapun bisnis anda, tempat adalah faktor terpenting. Jika anda menemukan lokasi strategis yang dilewati oleh banyak orang, maka anda akan mendapatkan penghasilan yang memuaskan. Tapi di dunia online, yang terpenting bukan tempat. Dimanapun anda membuka usaha online, seluruh dunia bisa menemukan anda. Maka, didunia ini yang terpenting bukan place tapi content, content and content. Yang penting adalah isi dari blog anda, dan bila diperkecil lagi yang paling penting adalah keyword atau kata kunci.
Apa itu kata kunci ?
Kata kunci adalah kata yang dipakai oleh calon pengunjung untuk mencari sesuatu di mesin pencari. Misalnya anda ingin mencari sebuah mobil mewah, maka bisa jadi kata yang anda masukkan bukan mobil mewah tapi BMW, Mercedez atau Jaguar. BMW, Mercedez dan Jaguar adalah kata kunci. Karena kata kunci ini dipakai di mesin pencari, maka anda harus berupaya agar website anda muncul di halaman pertama mesin pencari itu. Karena pengalaman menunjukkan bahwa rata-rata para pencari langsung menuju ke website yang muncul di halaman pertama terutama nomor urut 1.
Karena ada begitu banyak kata kunci yang dipakai seseorang untuk mencari, maka anda butuh riset online untuk mengetahui kira-kira kata kunci apa yang sedang dipakai seseorang untuk menemukan produk anda. Kemampuan menemukan kata kunci yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas pengunjung yang datang ke website anda.
Saya sering menemukan seseorang yang websitenya mampu unggul di suatu kata kunci, misalnya software gratis. Tapi ternyata dia tidak mendapatkan penghasilan lumayan. Padahal pengunjung situsnya mencapai ribuan per hari.
Kenapa bisa begini?
Inilah akibat salah dalam memilih kata kunci. Dan salah dalam memilih konten. Dia hanya focus pada kuantitas pengunjung. Tapi ternyata pengunjung yang berhasil dia bawa hanya orang-orang yang mencari sesuatu yang gratis. Dalam hal ini software. Ketika dalam webnya ada iklan software yang bayar, tentu saja pengunjung enggan mengklik. Kan yang dia cari adalah software gratis.
Pengunjung jenis ini setelah datang, dia hanya mencari link download dan mengabaikan link2 lainnya. Makin hilanglah kesempatannya mendapatkan uang dari pengunjung yang berjubel itu. Kemudian dia mencoba memasang form opt-in. Terlalu sedikit ternyata yang mau mendaftar. Kenapa? Karena mereka biasanya cuma cari 1 atau 2 software yang dibutuhkan. Setelah itu sayonara… Selamat tinggal. Kalau butuh, baru deh balik lagi, download dan bye-bye lagi.
Maka anda butuh riset, anda butuh tool untuk membantu menemukan kata kunci yang tepat. Satu cerita lagi, seseorang yang dengan bangganya menunjukkan kepada saya bahwa websitenya berhasil nangkring di nomor 1 untuk kata kunci tertentu. Tapi kemudian dia sedih karena ternyata pengunjung webnya hanya segelintir saja itupun tidak ada yang memberi penghasilan baik melalui iklan maupun produk.
Ketika saya coba riset, ternyata dia memilih sasaran yang salah. Dia memang nomor 1, tapi di kata kunci yang amat sangat jarang sekali orang yang memakainya. Masih untung ada pengunjung nyasarnya.. hehehe…
Maka hal awal untuk membangun bisnis online adalah menemukan kata kunci yang tepat. Jika anda bergabung menjadi premium member nanti, anda akan saya tunjukkan secara detil bagaimana saya menemukan kata kunci yang persaingannya mudah, tapi pengunjungnya lumayan…☺
Apa itu kata kunci ?
Kata kunci adalah kata yang dipakai oleh calon pengunjung untuk mencari sesuatu di mesin pencari. Misalnya anda ingin mencari sebuah mobil mewah, maka bisa jadi kata yang anda masukkan bukan mobil mewah tapi BMW, Mercedez atau Jaguar. BMW, Mercedez dan Jaguar adalah kata kunci. Karena kata kunci ini dipakai di mesin pencari, maka anda harus berupaya agar website anda muncul di halaman pertama mesin pencari itu. Karena pengalaman menunjukkan bahwa rata-rata para pencari langsung menuju ke website yang muncul di halaman pertama terutama nomor urut 1.
Karena ada begitu banyak kata kunci yang dipakai seseorang untuk mencari, maka anda butuh riset online untuk mengetahui kira-kira kata kunci apa yang sedang dipakai seseorang untuk menemukan produk anda. Kemampuan menemukan kata kunci yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas pengunjung yang datang ke website anda.
Saya sering menemukan seseorang yang websitenya mampu unggul di suatu kata kunci, misalnya software gratis. Tapi ternyata dia tidak mendapatkan penghasilan lumayan. Padahal pengunjung situsnya mencapai ribuan per hari.
Kenapa bisa begini?
Inilah akibat salah dalam memilih kata kunci. Dan salah dalam memilih konten. Dia hanya focus pada kuantitas pengunjung. Tapi ternyata pengunjung yang berhasil dia bawa hanya orang-orang yang mencari sesuatu yang gratis. Dalam hal ini software. Ketika dalam webnya ada iklan software yang bayar, tentu saja pengunjung enggan mengklik. Kan yang dia cari adalah software gratis.
Pengunjung jenis ini setelah datang, dia hanya mencari link download dan mengabaikan link2 lainnya. Makin hilanglah kesempatannya mendapatkan uang dari pengunjung yang berjubel itu. Kemudian dia mencoba memasang form opt-in. Terlalu sedikit ternyata yang mau mendaftar. Kenapa? Karena mereka biasanya cuma cari 1 atau 2 software yang dibutuhkan. Setelah itu sayonara… Selamat tinggal. Kalau butuh, baru deh balik lagi, download dan bye-bye lagi.
Maka anda butuh riset, anda butuh tool untuk membantu menemukan kata kunci yang tepat. Satu cerita lagi, seseorang yang dengan bangganya menunjukkan kepada saya bahwa websitenya berhasil nangkring di nomor 1 untuk kata kunci tertentu. Tapi kemudian dia sedih karena ternyata pengunjung webnya hanya segelintir saja itupun tidak ada yang memberi penghasilan baik melalui iklan maupun produk.
Ketika saya coba riset, ternyata dia memilih sasaran yang salah. Dia memang nomor 1, tapi di kata kunci yang amat sangat jarang sekali orang yang memakainya. Masih untung ada pengunjung nyasarnya.. hehehe…
Maka hal awal untuk membangun bisnis online adalah menemukan kata kunci yang tepat. Jika anda bergabung menjadi premium member nanti, anda akan saya tunjukkan secara detil bagaimana saya menemukan kata kunci yang persaingannya mudah, tapi pengunjungnya lumayan…☺
Description
: Tips Riset kata kunci
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sri Rejeki
ItemReviewed
: Tips Riset kata kunci
0 komentar:
Posting Komentar